Sabtu, 31 Desember 2011

Koneksi Lazarus ke Database

Untuk mengkoneksikan pemrograman Lazarus dan SQL Server 2000 dibutuhkan komponen pustaka dengan menginstal paket tambahan pada Lazarus 0.9.28. Komponen tersebut adalah ZeosDBO, fungsi dan cara penggunaannya sama dengan BDE atau ADO di Delphi. ZeosDBO adalah pustaka komponen Lazarus yang berguna untuk koneksi ke database. (Sujatmiko, Arief. 2010)
Database server yang didukung pada Lazarus cukup banyak yaitu Interbase, Firebird, SQLite, MySQL, PostgreSQL, MS SQL Server, Oracle dan Sybase. Bagi temen - temen yang pernah atau dulu sering menggunakan BDE atau ADO di Delphi maka sudah biasa merasakan pengalaman yang sama di Lazarus dengan komponen ini.

Untuk mendownload ZeosDBO untuk lazarus bisa klik di sini..

Cara instalasi paket Indy pada Lazarus 0.9.28 atau yang lebih baru:

   1.Download paket ZeosDBO dari link di atas.
   2.Extract ke sebuah folder, misal D:\Lazarus\ZeosDBO-6.6.6.
   3.Jalankan Lazarus.
   4.Klik menu Package > Open Package file (.lpk)
   5.Buka file zcomponent.lpk pada direktori packages\lazarus di dalam folder ZeosDBO.
   6.Setelah window package editor terbuka, klik install.
   7.Tunggu kompilasi lazarus selesai dan ZeosDBO siap digunakan.

Ini proses penginstalasinya: 




Setelah ZeosDBO terinstal maka komponen2 ZeosDBO akan tampil di palete.



Nah.. Jika ZeosDBO telah terinstal maka kita dapat mengkoneksikannya. saya akan mengkoneksikan pemrograman Lazarus dengan database menggunakan SQL Server 2000 dengan cara sebagai berikut:
  • Mengklik komponen ZeosDBO yaitu Zeos Access pada palete, kemudian doubleclick tool TZConnection. Berikut ini tampilan dari tool TZConnection:
  • Kemudian klik ZConnection yang telah dipilih, selanjutnya edit properties dari ZConnection tersebut yang ada di Object Inspector. Ganti Protocol dengan ‘mssql’ karena aplikasi database yang digunakan adalah SQL Server 2000.dan pilih database Northwind, kemudian ganti Connected dengan nilai ‘true’. Jika hasilnya ‘true’ maka pemrograman berhasil terkoneksi dengan database Northwind pada SQL Server 2000. Berikut ini tampilan dari properties dari ZConnection:

Mudahkan..Selamat mencoba..Semoga bermanfaat & bisa membantu temen-temen membuat program dengan koneksi ke database menggunakan pemrograman Lazarus.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar